17 Desember 2020 2:00 pm

Arti Reseller dan Dropshipper beserta Tips

Arti Reseller dan Dropshipper beserta Tips - Terdapat banyak kegiatan dalam perekonomian terutama dalam hal jual beli suatu produk atau pun jasa. Dahulu kegiatan jual beli ini sering dilakukan secara tatap muka di berbagai pasar/ marketplace, mall, toko, dsb. Namun, karena majunya perkembangan teknologi pada saat ini menyebabkan cara kegiatan jual beli pada saat ini berubah, ditambah lagi karena adanya virus corona membuat banyak masyarakat beralih ke digital marketplace untuk bertransaksi melalui internet yang telah disediakan oleh beberapa platform digital marketplace seperti tokopedia.com, shopee.co.id, lazada.co.id, dll.

Oleh karena itu, hal ini menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan bagi anda yang ingin berjualan secara online. Dengan kondisi yang ada pada saat ini, yang dimana masyarakat lebih memilih untuk tetap tinggal di rumah karena adanya pandemic virus corona membuat bisnis online menjadi pilihan yang menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan yang melimpah.

Bisnis online yang mudah untuk dilakukan dari rumah dengan hanya bermodalkan hp, laptop, koneksi internet adalah dengan cara menjadi reseller atau dropshipper. Hal ini disebabkan karena anda tidak memerlukan modal yang banyak untuk memulai bisnis ini. Sebelum kita membahas lebih lanjut, seringkali pengertian reseller dan dropship itu disamakan oleh masyarakat, dan ternyata keduanya memiliki arti yang berbeda namun hampir memiliki kesamaan yang sama.

Gambaran umum reseller adalah membeli produk dengan harga khusus yang telah ditentukan oleh pihak pemasok/ supplier lalu menjual produk tersebut dengan harga yang telah ditentukan sendiri dan sesuai dengan yang disepakati oleh pihak supplier.  
Sedangkan pada dropship, anda hanya perlu menjadi perantara pihak supplier dengan pelanggan, sehingga disini anda tidak perlu membeli produk dari supplier dan langsung menjual produk ke calon pelanggan kemudian produk akan dikirim ke alamat pelanggan dari pihak supplier.

Lalu apa yang membuat reseller dan dropship itu berbeda? Mari kita simak pembahasan berikut ini.

Perbedaan Reseller dan Dropship


Perbedaan yang mendasar pada reseller dan dropship yaitu pada reseller adalah orang yang membeli produk dari pihak supplier lalu menjual kembali kepada konsumen dan biasanya menyetok barang. Sedangkan, dropshipper adalah orang yang menjual produk dari supplier sebagai perantara dan tidak perlu menyetok barang.

Untuk lebih detailnya perbedaan antara reseller dan dropshipper adalah dengan melihat tabel berikut ini:

Reseller
Dropshipper
1. Membeli produk dari suppler dengan harga khusus dan ketentuan yang berlaku
1. Tidak perlu membeli produk dari supplier
2. Perlu stok barang
2. Tidak perlu stok barang
3. Pengiriman barang dapat dilakukan oleh pihak supplier atau pihak reseller
3. Pengiriman hanya dapat dilakukan oleh pihak supplier


Arti Reseller



Reseller adalah kata yang berasal dari bahasa inggris yang berarti menjual kembali, dari arti kata itu sendiri dapat kita simpulkan bahwa reseller adalah seseorang yang membeli dan menjual kembali produk tertentu.

Seorang reseller membeli suatu produk dengan harga khusus dari pihak supplier dan menjual kembali kepada konsumen dengan harga yang sudah dinaikkan oleh reseller. Selisih harga yang sudah dinaikkan tersebut akan menjadi keuntungan reseller.

Reseller biasanya menyetok barang dalam jumlah besar untuk dijual kembali kepada konsumen dan membeli stok tersebut dari produsen tangan pertama, distributor resmi, dan supplier grosir supaya mendapatkan harga yang lebih murah.

Cara Kerja Reseller

Seorang reseller membeli terlebih dahulu produk dari pihak supplier dengan harga khusus dan biasanya membeli dalam jumlah yang banyak untuk mendapatkan untung yang banyak dan mengurangi biaya ekspedisi. Selain itu biasanya pihak reseller akan mendapatkan berbagai bantuan yang di berikan oleh pihak supplier seperti cara berjualan dan diberikan website replika untuk berjualan.


Keuntungan dan Kekurangan menjadi Reseller


Keuntungan
Kekurangan
1. Tidak perlu membuat produk sendiri
1. Butuh stok barang yang banyak
2. Jenis produk yang dijual tidak terbatas dengan hanya satu jenis
2. Membutuhkan tempat untuk stok barang
3. Dapat mengatur harga jual produk sendiri
3. Membutuhkan modal yang cukup besar
4. Dapat mengetahui kualitas produk secara langsung
4. Pihak reseller bertanggung jawab apabila ada kekurangan pada produk
5. Biasanya pihak supplier memberikan hadiah untuk reseller yang berhasil menjualkan produk supplier dalam jumlah banyak
5. Bukan produk milik sendiri sehingga tidak bebas memodifikasi produk


Arti Dropshipper



Dropship adalah berjualan secara online dengan menjadi perantara supplier dengan calon pembeli tanpa menyetok barang dan hanya menawarkan dengan katalog produk atau gambar produk kepada konsumen. Keuntungan yang diperoleh adalah dari kesepakatan yang telah ditentukan dengan pihak supplier dan dropshipper.

Apabila dropshipper ada calon membeli maka hanya perlu meneruskan pesanan kepada pihak supplier dan dikirim atas nama dropshipper.

Cara Kerja Dropship

Seorang dropshipper hanya perlu meneruskan pesanan dari konsumen setelah memilih dari katalog produk kepada pihak supplier tanpa perlu menyetok persediaan barang dan mengambil keuntungan yang telah disepakati antara dropshipper dan supplier.  


Keuntungan dan Kekurangan menjadi Dropshipper


Keuntungan
Kekurangan
1. Tidak perlu memproduksi produk sendiri
1. Karena tidak melihat produk secara langsung, akan sulit untuk mengetahui kualitas produk saat dikirim ke konsumen
2. Jenis produk yang dijual tidak terbatas pada satu jenis

3. Tidak membutuhkan modal yang besar

4. Tidak membutuhkan ruang untuk stok barang

5. Hanya perlu memasarkan produk



Tips sebagai Reseller atau Dropshipper



Dalam menekuni bisnis reseller ataupun dropshipper anda dapat menerapkan tips – tips berikut ini agar memudahkan anda dalam berbisnis

1. Pahami Kondisi Kompetitor Yang pertama dilakukan adalah melihat apakah produk yang akan anda jual sudah dijual oleh banyak kompetitor atau belum pada area anda ataupun pada platform digital marketplace.
2. Pahami Produk Kemudian, hal yang paling mendasar adalah memahami kualitas produk yang akan anda jual nantinya, apakah produk tersebut memiliki keunikan tersendiri dari produk yang lain atau dapat juga dengan melihat apakah produk tersebut sudah memiliki brand yang bagus di mata masyarakat sehingga produk tersebut dapat mudah terjual.
3. Identitas Perusahaan Langkah selanjutnya adalah untuk melihat reputasi perusahaan tersebut, apakah perusahaan tersebut dapat dipercaya dan bukan penipuan.
4. Jam Pelayanan Tidak lupa untuk mengetahui jam pelayanan yang diterapkan oleh perusahaan, maka harap bersabar untuk mendapat respon karena berkemungkinan besar bukan anda saja yang ikut daftar sebagai reseller ataupun dropshipper pada perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan yang membuka reseller atau dropshipper ini buka dari hari senin sampai sabtu jam 08.00 sampai dengan 16.00
5. Menguasai Teknik Pemasaran Online Anda perlu mengetahui cara memasarkan produk anda secara online untuk menjangkau calon pelanggan yang lebih luas, dan tidak lupa juga untuk memasarkan pada platform digital marketplace.
6.Melihat Untung yang Diperoleh Sebelum anda menyetujui untuk bergabung sebagai reseller atau dropshipper. Anda perlu menghitung kembali keuntungan yang bisa anda peroleh setelah bergabung dengan pihak supplier. Apabila menurut anda keuntungan yang diperoleh tidak sebanding dengan usaha yang dilakukan nantinya, maka sebaiknya cari produk yang lain.

Dengan mempertimbangkan hal – hal yang sudah dijelaskan diatas. Sekarang anda hanya perlu memilih salah satu cara yang paling cocok untuk anda dengan menjadi reseller ataupun dropshipper. Selain itu, apabila anda sedang mencari supplier produk pembersih, disini kami merekomendasikan anda untuk bergabung sebagai salah satu Mitra Cleanzie Squad dengan modal kecil dan dengan harga diskon khusus yang bisa anda dapatkan pada halaman berikut ini:





Blog Post Lainnya
Alamat
Jl. Moh. Besar, Dusun I Semingkir, Kutasari, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124
+62 281 7779968
+62 852 939 61648
Social Media
Metode Pengiriman
@2021 Cleanzie Inc.