18 Desember 2020 9:48 am

Pengertian Marketplace beserta Contohnya

Pengertian Marketplace beserta Contohnya - Sebelum masyarakat mengenal tentang berbagai kemudahan dan keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan internet. Kegiatan jual beli banyak dilakukan secara tatap muka di pasar tradisional, dan dengan menggunakan fasilitas internet. Kini masyarkat dipermudah dalam kegiatan jual beli di pasar online dengan adanya internet. Lantas, apakah yang dinamakan marketplace itu?


Marketplace itu apa?

Marketplace adalah suatu platform dalam bentuk website atau pun aplikasi online yang menyediakan tempat untuk transaksi jual beli yang terdiri dari berbagai penjual. pasar online memiliki konsep yang sama dengan pasar tradisional yang didalamnya terjadi transaksi antara penjual dan pembeli.

Selain itu, sebuah pasar online tidak memiliki tanggung jawab apapun atas barang yang diperjual belikan oleh penjual yang mendaftar pada pasar online tersebut, karena pihak pasar online hanya menyediakan tempat untuk membantu dan memudahkan para penjual menjual produk – produk mereka.

Dalam bertransaksi antara pembeli dan penjual. Pihak marketplace lah yang mengatur alur proses transaksi untuk memberikan penjual dan pembeli kemudahan. Proses dalam bertransaksi juga sangat mudah untuk dilakukan, karena sudah banyak pasar online yang memberikan fasilitas seperti pay later dan deposit uang agar hanya melakukan transaksi dengan beberapa langkah saja. Selain itu terdapat juga berbagai fitur menarik.


Jenis – Jenis Marketplace

1. Marketplace Murni Pada jenis transaksi online ini, marketplace murni hanya menyediakan fasilitas untuk transaksi pihak penjual dan pembeli dan juga fasilitas dalam pembayaran. Di sini pihak pembeli dapat menawar harga pada pihak penjual. Contohnya adalah: Shopee, Tokopedia, Bukalapak.
2. Marketplace Konsinyansi Dalam transaksi marketplace konsinyansi pihak penjual hanya perlu memberikan detail dan produk yang akan dijual pada pihak marketplace. Atau juga sering yang disebut sebagai titip barang. Contohnya adalah: Zalora dan Berrybenka


Horizontal dan Vertical Marketplace

1. Horizontal Marketplace Istilah ini memiliki arti barang – barang yang dijual pada pasar online tersebut adalah barang dengan berbagai jenis kategori yang diperjual belikan. Contohnya adalah Tokopedia dsb.
2. Vertical Marketplace Istilah ini memiliki arti barang – barang yang dijual adalah hanya barang yang sejenis dan biasanya di jual pada seperti toko online khusus seperti toko yang menjual sepatu.


Apa Perbedaan Pasar Online dan Toko Online?


Perbedaannya adalah pihak marketplace hanya sebagai perantara dan memfasilitasi kegiatan transaksi penjual dan pembeli. Sedangkan, pada toko online pihak penjual membuat platform websitenya sendiri untuk melakukan transaksi langsung kepada penjual.


Pasar Online Terbesar yang ada pada saat ini

1. Shopee Pada peringkat pertama pada tahun 2020 di Indonesia dengan jumlah pengunjung mencapai dan mengalami peningkatan 97,7 juta dari 76,5 juta pada Juni 2020. Hal ini disebabkan juga dikarenakan adanya pandemi virus corona yang membuat banyak masyarakat untuk tinggal dirumah dan melakukan transaksi secara online. Selain itu dikarenakannya adanya fitur seperti Shopee Pay untuk memudahkan transaksi dan adanya promo Cashback.
2. Tokopedia Pasar online ini juga menempati posisi teratas dan berkompetisi ketat dengan Shopee. Namun, karena persaingan bisnis ini, pihak tokopedia mengalami penurunan dari 91,4 juta kunjungan menjadi 89,7 pada bulan Juni 2020.
3. Bukalapak Pihak bukalapak memiliki angka yang terbilang cukup jauh dari kedua perusahaan yang disebutkan sebelumnya, yaitu hanyak memiliki 34,4 juta pada bulan Juni 2020.
4. Lazada Kemudian di urutan berikutnya terdapat perusahaan pasar online lazada yang memiliki kunjungan website 21,4 juta pada Juni 2020
5. BliBli Pada urutan ini, BliBli adalah salah satu pasar online yang memiliki penurunan yang cukup tajam sebanyak 21,1 juta kunjungan dan hanya dapat mencapai 16,6 juta pengunjung website pada Juni 2020.


Dengan adanya pembahasan ini, semoga pemahaman tentang marketplace anda semakin luas. Ditambah lagi dengan adanya situasi pandemi yang ada pada saat ini, bagi anda yang ingin mencoba untuk merintis sebuah usaha untuk menjual produk menjadi hal yang menguntungkan karena banyak masyarakat yang memilih untuk berbelanja melalui internet.
Blog Post Lainnya
Alamat
Jl. Moh. Besar, Dusun I Semingkir, Kutasari, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124
+62 281 7779968
+62 852 939 61648
Social Media
Metode Pengiriman
@2021 Cleanzie Inc.