16 Desember 2020 10:55 am

Modal: Pengertian Terlengkap!

Modal: Pengertian Terlengkap! - Dalam mendirikan atau menjalankan sebuah bisnis dibutuhkan dana sebagai sumber bahan bakar supaya bisnis dapat beroperasi untuk mencapai tujuan didirikannya bisnis tersebut, yang pada umumnya untuk mendapatkan keuntungan.
Modal dapat berupa uang, atau barang yang digunakan untuk menjalankan suatu bisnis tertentu demi mencapai keuntungan perusahaan. Dana uang digunakan sebagai keperluan sehari – hari yang diperlukan perusahaan, seperti membeli bahan baku, membayar karyawan, dll. Sedangkan, aset barang digunakan untuk kegiatan operasional sehari – hari perusahaan tersebut, seperti peralatan kantor, alat masak, dll.


Pengertian Modal dari Lembaga atau Instansi seperti KBBI, OJK, Wikipedia Indonesia



OJK mendefinikasikan modal sebagai salah satu sumber dukungan keuangan dalam aktivitas Konglomerasi Keuangan secara keseluruhan, cushion untuk menyerap kerugian yang tidak terduga (unexpected losses), dan jaring pengaman (safety net) dalam kondisi krisis. Kecukupan dana yang memadai dapat meningkatkan kepercayaan stakeholders, sehingga mendukung kondisi dan kestabilan Konglomerasi Keuangan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, modal adalah yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya, harta  benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan dan aset barang adalah yang digunakan sebagai dasar atau bekal untuk bekerja.

Pengertian modal menurut Wikipedia adalah dalam finansial dan akunting, dana biasanya menunjuk kepada kekayaan finansial, terutama dalam penggunaan awal atau menjaga kelanjutan bisnis. Awalnya, dianggap bahwa modal lainnya, misal aset fisik, dapat dicapai dengan uang atau dana finansial. Jadi di bawah kata "modal" berarti cara produksi.


Pengertian Modal Menurut Ahli

Terdapat banyak pengertian tentang modal yang dikemukakan oleh para ahli seperti sebagai berikut:

1. Andrew Mayo Menjelaskan pengertian modal sebagai bentuk instrumen dengan menggunakan dana investor dalam bentuk sekuritas utang. Yang terdiri dari 2 jenis saham, pertama saham biasa dan kedua saham preferen.
2. Arnold B. Bakker Mengatakan pengertian dari modal adalah kumpulan barang konkrit yang terdapat pada rumah tangga perusahaan dan terdapat pada neraca bagian debet, atau dalam bentuk daya beli atau nilai tukar barang dalam neraca bagian kredit.
3. Bambang Riyanto Pengertian modal adalah hasil produksi yang dapat diproses kembali untuk memproduksi lebih lanjut. Di dalam prosesnya, lebih memfokuskan nilai, daya beli, atau kekuasaan yang terdapat dalam barang – barang aset.
4. Moekijat Mendefinikasian bahwa modal meliputi keseluruhan yang dimiliki oleh perusahaan dimulai dari uang tunai, kredit, hak untuk membuat, sesuatu yang berupa hak paten, alat mesin, dan property. Akan tetapi juga sering digunakan untuk menggambarkan hak milik yang terdiri dari jumlah yang ditanam, keuntungan, dan keuntungan tidak dibagi.
5. Jacob Louis Meij Menjelaskan definisi modal adalah kumpulan dari berbagai macam aset yang berarti seluruh barang yang terdapat pada rumah tangga perusahaan berfungsi membentuk pendapatan pada neraca sebelah debit. Dan kekayaan yaitu daya beli dari berbagai dana pada neraca sebelah kredit.
6. Lawrence J. Gitman Mengemukakan pendapatnya tentang arti modal sebagai suatu bentuk pinjaman yang dimiliki oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu, atau semua yang ada pada kolom neraca perusahaan bagian kanan selain kewajiban yang ditanggung saat ini.
7. Nico Jacob Polak Mendefinikasikan modal sebagai bentuk wewenang untuk memanfaatkan barang aset yang ada pada neraca kredit yang dimiliki oleh organisasi atau perorangan. Di lain sisi, barang aset adalah barang – barang milik perusahaan yang belum digunakan.
8. Munawir Modal didefinisikan sebagai suatu nilai kekayaan perusahaan yang terdiri dari pihak internal, external, dan termasuk hasil produksi perusahaan.

Jenis – Jenis Modal

Untuk mendirikan sebuah usaha dapat dibangun dengan berbagai modal, dan terbagi menjadi 4 kategori SSWP (Sumber, Sifat, Wujud, Pemilik).

Jenis Menurut Sumbernya

1. Modal Internal Biasanya didapat dari kekayaan seseorang atau perusahaan dari hasil penjualan. Dikarenakan sumbernya terbatas sehingga akan sulit untuk mengembangkan dan peningkatan bisnis. Contoh: - Laba yang diinvestasikan kembali - Saham - Kendaraan - Gedung
2. Modal external Didapatkan dari luar perusahaan atau yang diperoleh dari kreditur atau pemegang saham. Karena keterbatasan dana internal, membuat dana external menjadi pilihan untuk mendapatkan dana tak terbatas. Contoh: - Investor - Pinjaman Bank - Pinjaman Koperasi - Utang Dagang - Gaji Karyawan yang belum terbayar

Jenis Menurut Sifatnya

1. Modal Lancar Adalah dana yang digunakan sekali dan akan habis sekali proses produksi Contoh: - Bahan Baku - Bahan Bakar
2. Modal Tetap Adalah dana yang dapat digunakan berulang kali dalam proses produksi Contoh: - Tanah - Gedung - Kendaraan - Laptop - HP - Mesin

Jenis Menurut Wujudnya

1. Modal Abstrak (Modal Pasif) Adalah dana yang tidak dapat dilihat oleh mata atau tidak memiliki bentuk Contoh: - Hak Cipta - Kemampuan Tenaga Kerja - Pengetahuan - Citra Perusahaan - Koneksi - Hak Pendirian Usaha
2. Modal Konkret (Modal Aktif) Adalah dana yang dapat dilihat oleh mata atau memiliki bentuk Contoh: - Gedung - Gudang - Kendaraan - Mesin - Bahan Baku

Jenis Menurut Pemiliknya

1. Modal Perseorangan Diperoleh dari seseorang yang memiliki fungsi untuk memudahkan aktivitas dan memberikan laba pada pemiliknya. Contoh: - Saham - Deposito - Pribadi - Properti
2. Modal Sosial Dimiliki oleh masyarakat yang kemudian dana tersebut memberikan keuntungan dalam operasional produksi. Contoh: - Jalan Raya - Jembatan - Pasar - Pelabuhan


Manfaat Modal untuk Perusahaan

Selain digunakan sebagai landasan perusahaan untuk menjalankan bisnis, ternyata memiliki beberapa manfaat yang lain untuk perusahaan:

1. Simpanan Tidak semua dana perusahaan digunakan untuk keperluan usaha, namun digunakan juga untuk dana simpanan apabila ada keadaan yang tidak ditentukan sehingga dapat digunakan sebagai dana darurat.
2. Gaji Karyawan Pada tahap awal mendirikan usaha, gaji karyawan berasal dari dana perusahaan dan setelah berjalannya kegiatan perusahaan, keuntungan yang diperoleh perusahaan itu yang akan dijadikan gaji karyawan.
3. Membeli Bahan Produksi Untuk menjalankan sebuah perusahaan, tentunya dibutuhkan barang atau jasa untuk dijual demi mendapat keuntungan, dan untuk membeli barang atau jasa tersebut dibutuhkannya dana.
4. Sewa Tempat Apabila perusahaan yang didirikan membutuhkan sebuah tempat, ruko, atau sebagainya. Maka dibutuhkannya dana juga untuk menyewa atau membayar tempat tersebut.Namun karena berkembangnya teknologi dan semakin kreatifnya masyarakat masa kini, penyewaan tempat bukanlah menjadi hal yang harus dimiliki, apalagi dengan adanya pandemi virus corona yang membatasi jarak kontak fisik. Sehingga banyak orang yang beralih usaha dengan cara digital atau virtual.


Cara Mendapatkan Modal

Dalam mendirikan sebuah perusahaan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sangat diperlukannya dana untuk menjalankan usaha. Oleh karena itu berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan dana untuk usaha:

1. Menggunakan Tabungan Pribadi Ketika anda ingin mendirikan sebuah usaha, anda dapat menggunakan tabungan pribadi anda untuk mendirikan usaha dengan uang yang telah anda kumpulkan selama ini. Apabila anda sudah bekerja dan ingin mendirikan sebuah usaha sendiri, anda dapat juga menyisihkan beberapa persen uang dari hasil bekerja untuk mendirikan usaha. Namun cara ini membutuhkan waktu yang terbilang cukup lama untuk mengumpulkan dana yang diinginkan untuk menjalankan usaha, akan tetapi anda tidak perlu khawatir untuk membayar utang kepada pihak lain.
2. Menjual Harta Pribadi Apabila anda ingin mendapatkan dana lebih cepat lagi dan berpikir bahwa tabungan pribadi anda masih kurang untuk menjalankan usaha. Anda dapat berkorban dengan menjual beberapa harta pribadi untuk dana usaha. Sebagai contoh seperti: alat elektronik, kendaraan, barang antik, dll.
3. Meminjam Uang Selain itu, jika anda memerlukan dana lebih banyak lagi, anda dapat mempertimbangkan untuk meminjam uang dari teman, kerabat, atau bank. Hal ini hanya dianjurkan apabila anda sudah menghitung keuntungan yang dapat anda peroleh lebih banyak dari meminjam uang. Karena anda perlu membayar hutang dan bunga apabila meminjam dari bank yang telah ditentukan dengan tepat waktu untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi.
4. Mencari Rekan Usaha Jika anda ingin mendirikan usaha agar lebih mudah lagi, anda dapat mempertimbangkan untuk mencari rekan usaha, dengan begitu anda dapat memikirkan rencana bisnis anda kedepannya dengan lebih mudah dan dana yang dibutuhkan lebih sedikit karena dana usaha akan terbagi menjadi 2. Cara ini dilakukan dengan cara mengemukakan ide bisnis anda dengan calon rekan usaha yang memiliki ketertarikan dan tujuan yang sama. Namun cara ini juga terbilang beresiko karena ada kemungkinan untuk masalah kepercayaan satu sama lain. Sehingga dianjurkan untuk melakukan perjanjian yang tertulis di atas kertas agar dapat di proses secara hukum apabila melakukan pelanggaran.
Cara yang lain adalah dengan mencari investor untuk usaha anda, dengan begitu anda dapat menambahkan dana untuk menjalankan usaha anda, dan investor juga dapat mengemukakan pendapatnya pada pengambilan keputusan yang penting pada usaha anda apabila diperlukan.

5. Modal dari Belajar Kemampuan secara Online Apabila anda ingin mendirikan usaha terutama dalam bidang jasa, anda dapat juga mempelajari kemampuan – kemampuan yang anda perlukan untuk usaha anda seperti cara mengedit video, lalu menjual jasa kemampuan mengedit video anda melalui internet dengan platform seperti Fiverr.com, Sribulancer.com, Freelancer.com.


Jika anda ingin meminjam melalui pinjaman online atau fintech untuk menambahkan dana usaha. Anda perlu mengecek terlebih dahulu apakah instansi pinjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau belum agar lebih aman. Untuk mengecek apakah instansi atau perusahaan tersebut sudah terdaftar. Anda dapat cek di website resmi OJK di www.ojk.go.id atau dapat anda cek di file pdf berikut ini:


Usaha Modal Kecil

Untuk mendirikan sebuah usaha dengan dana usaha yang kecil ternyata dapat anda lakukan juga dengan cara memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini. Caranya sangat mudah dengan menggunakan teknologi seperti hp, laptop, dan internet maka anda dapat memulai bisnis dengan cara dropship atau pun menjadi mitra reseller, dengan melakukan cara tersebut anda hanya memerlukan aset yang kecil untuk menjalankan usaha dropship atau reseller. Salah satunya adalah dengan cara menjadi Mitra Cleanzie Squad yang sekarang ada harga diskon khusus/ promo untuk mitra yang ingin bergabung pada saat ini:





Blog Post Lainnya
Alamat
Jl. Moh. Besar, Dusun I Semingkir, Kutasari, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53124
+62 281 7779968
+62 852 939 61648
Social Media
Metode Pengiriman
@2021 Cleanzie Inc.